Cara Menjelaskan Pengertian Dari Penyandang Disabilitas Kepada Anak – Anak

Nick Vujicic adalah selebritis penyandang disabilitas yang terkenal di dunia, ia adalah pendiri Life Without Limbs yaitu sebuah organisasi untuk para penyandang cacat fisik. Vujicic lahir pada 1982 tanpa anggota tubuh kompasiana. Dia mengklaim bahwa saat masih kecil dia mendapatkan ejekan dan diskriminasi, dan ia juga pernah mencoba bunuh diri. Tetapi, seiring berjalannya waktu, dia belajar untuk melihat potensinya sendiri. Saat ini dia sedang memberikan ceramah motivasi di seluruh dunia, ia juga telah menulis beberapa buku dan secara teratur tampil di acara talk show dan program TV. Dia menjadi sangat terkenal ketika membintangi film pendek yang menyentuh berjudul “The Butterfly Circus”.

Nick Vujicic adalah salah satu contoh penyandang disabilitas yang dapat Anda jadikan panutan dan juga Anda jadikan contoh untuk membangkitkan semangat para penyandang disabilitas lainnya. Anda dapat membaca berbagai artikel tentang penyandang disabilitas untuk memahami bagaimana cara yang tepat untuk berinteraksi dan menjaga serta merawat mereka.

Anda juga harus mengajarkan anak Anda untuk menghargai dan memahami arti dari penyandang disabilitas. Bagaimana caranya?

Pertama, Anda perlu menjelaskan kepada anak Anda pengertian dari penyandang disabilitas, Anda dapat memberi penjelasan singkat tentang hal apa saja yang bisa membuat seseorang dikatakan menyandang disabilitas, Anda juga bisa menjelaskan bahawa penyandang disabilitas adalah mereka yang memiliki beberapa perbedaan dengan kita. Perbedaan ini kemungkinan akan membuat mereka sulit untuk melakaukan hal yang mudah bagi kita, kondisi tersebut juga membuat mereka membutuhkan bantuan dari orang lain, termasuk kita. Anda dapat memberikan contoh-contohnya. Namun, perlu Anda ingat. Anda harus memberitahu pada anak Anda bahwa penyandang disabilitas bukan hal yang perlu dikasihani, mereka adalah orang yang butuh dukungan bukan rasa iba.

Anda harus dapat membuat anak Anda merasa empati pada penyandang disabilitas. Katakan pada anak Anda bahwa penyandang disabilitas juga ingin diperlakukan sama. Mereka tidak ingin dibedakan karena hal tersebut dapat membuat mereka merasa sedih dan berkecil hati. Anda dapat memberikan contoh seperti ini, Kita dan penyadang disabilitas adalah sama. Sama-sama memiliki mata, hidung, telinga, wajah yang cantik atau tampan, dan lain-lain. Bahkan penyandang disabilitas juga bisa memiliki prestasi yang lebih unggul dari orang normal. Anda dapat mengajak anak Anda untuk menyaksikan Asian Para Games.

Jawab pertanyaan anak Anda dengan berhati-hati. Gunakan kata yang bijak. Jelaskan juga bahwa kondisi itu bukan karena kesalahan mereka ataupun orang tua mereka. Anda dapat menjelaskan bahwa hal itu terjadi karena bawaan lahir, sakit atau kecelakaan. Ajarkan anak Anda untuk tidak memandang rendah para penyandang disabilitas. Gunakan kata-kata yang positif. Hindari menggunakan kata cacat, idiot, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan kata spesifik yang menjelaskan kekurangan mereka seperti tuna rungu, tuna netra, autisme dan lain sebagainya.